PEMBEKALAN KKN-PK DAN KKN-PKL 2023

Studi Departemen Pendidikan Biologi pada tanggal 11 Juli 2023, mengadakan kegiatan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata dan Praktik Kependidikan (KKN-PK) untuk mahasiswa S1 Pendidikan Biologi dan pembekalan Kuliah Kerja Nyata dan Praktik Kerja Lapangan (KKN-PKL) untuk mahasiswa S1 biologi.

Narasumber pembekalan KKN-PK adalah Korprodi S1 Pendidikan Biologi Bpk. Dr. Agung Wijaya Subiyanto, S.Pd., M.Pd. dan Kordinator KKN-PK S1 Pendidikan Biologi Bpk. Yuni Wibowo, S.Pd., M.Pd.

Bagi mahasiswa S1 Biologi pembekalan di berikan oleh Korprodi S1 Biologi Ibu. dr. Kartika Ratna Pertiwi, M.Biomed. Sc, Ph.D. dan Kordinator KKN-PKL S1 Biologi Ibu. Dr. Ixora Sartika Mercuriani, M.Si.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai pembekalan awal mahasiswa sebelum dilepas dan terjun langsung kemasyarakat termasuk masyarakat sekolah, sebagai sarana mahasiswa praktik langsung ilmu yang didapat dibangku kuliah sekaligus untuk mengembangkan kemampuan soft skill mahasiswa agar  dapat memenuhi tantangan kompetensi dunia kerja serta dapat menjadi agent of change dalam pemberdayaan masyarakat.

Pada pembekalan KKN-PK Bpk. Dr. Agung Wijaya Subiyanto, S.Pd., M.Pd. juga memberikan penguatan tentang penyelerasan rencana study mahasiswa yang akan mengukuti KKN-PK sekaligus sebagai persiapan untuk tugas akhir skripsinya. Pada masa KKN-PK tersebut mahasiswa bisa melakukan observasi, wawancara, orientasi dan pengumpulan data awal yang nantinya bisa di jadikan sebagai bahan skripsi.

Selain memberikan bimbingan terkait program PK bpk. Yuni menegaskan bahwa mahasiswa dan mahasiswi merupakan representasi dari Univeristas Negeri Yogyakarta yang membawa nama baik UNY sehingga mahasiwa memiliki adab tingkah laku yang baik dan sesuai etika.

Pada sesi pembelakan KKN-PKL Ibu. dr. Kartika Ratna Pertiwi, M.Biomed. Sc, Ph.D. meberikan wejangan kepada seluruh mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan KKN-PKL untuk dapat menjaga nama baik Departemen Pendidikan Biologi dan Universitas Negeri Yogyakarta dengan tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan banyak pihak, menjaga kesehatan selama kegiatan serta selalu memberikan inovasi-inovasi di tempat mahasiswa diterjunkan nantinya. Moderator juga mengharapkan kepada seluruh mahasiswa agar selalu berkomunikasi dengan DPL dan Pamong yang akan membimbing mahasiswa selama kegiatan berlangsung. Dan Ibu. Dr. Ixora Sartika Mercuriani, M.Si. menambahkan tentang prosedur pengajuan PKL dan tawaran terkait PKL.

Kegiatan pembekalan ini dilakukan juga sesi tanya jawab antara narasumber dan mahasiswa terkait pelaksanaan KKN-PK dan KKN-PKL 2023 serta tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa S1 Pendidikan Biologi dan S1 Biologi Angkatan 2020.

Kegiatan diakhiri dengan do’a bersama agar dimudahkan dan dijauhkan dari hal-hal yang tidak baik selama kegiatan KKN-PK dan KKN-PKL 2023 yang akan dilaksanakan oleh Mahasiswa Departemen Pendidikan Biologi.

Label Berita: