Laboratorium Audio Visual Departemen Pendidikan Biologi UNY Sukses Menyokong Pembuatan Video Promosi Edukatif Sendang Mudal Sawangan

Laboratorium Audio Visual Departemen Pendidikan Biologi (Lab AVIS) ikut menyukseskan pembuatan video promosi berbasis edukasi untuk Sendang Mudal Sawangan. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program pengabdian pada masyarakat yang sudah berlangsung sejak tahun 2021. Pada tahun 2023, tim dosen yang terdiri dari Rio Christy Handziko, S.Pd.Si., M.Pd., Dr. Anggi Tiyas Pratama, M.Pd., dan Rizqa Devi Anazifa, M.Pd., bekerja sama dengan perangkat desa Sawangan dan Bumdes Bimasena dalam dua kegiatan berbeda. Salah satu kegiatan yang menonjol adalah pembuatan video promosi Sendang Mudal, sebuah lokasi wisata edukasi yang telah dikembangkan oleh tim dosen sebelumnya.


Proses pengambilan video promosi Sendang Mudal Sawangan

Tim Lab AVIS turut ambil bagian dalam proses pembuatan video ini, mulai dari tahap perencanaan dengan penyusunan story board, pengambilan video menggunakan peralatan canggih seperti drone, kamera, dan gimbal, hingga proses editing dan penyebaran melalui media sosial. Lab AVIS juga berkontribusi dengan menambahkan peta lokasi menggunakan motion graphic dalam proses editing, memberikan dimensi visual yang menarik dan informatif.

Berbeda dengan video promosi pada umumnya, video ini difokuskan pada keanekaragaman hayati di Sendang Mudal Sawangan, baik dari segi flora maupun fauna. Langkah ini sejalan dengan upaya tim dosen dalam menggabungkan rekreasi dengan pembelajaran di lokasi tersebut.

Penggunaan teknologi audio visual dan pengeditan yang dilakukan oleh Tim Lab AVIS sangat memperkaya konten video promosi ini. Drone memberikan perspektif yang indah dari atas, dan motion graphic peta lokasi menambah nilai estetika dan informatif dalam video. Video promosi Sendang Mudal Sawangan ini telah dipublikasikan di kanal YouTube resmi Departemen Pendidikan Biologi FMIPA UNY. Anda dapat mengaksesnya melalui link berikut: https://youtu.be/kf45pmEDZL4?si=L3SRqa3GEmxhxZCB.

Titik Muyayanah, Ketua Bumdes Bimasena, menyampaikan apresiasi atas kontribusi Lab AVIS dalam pembuatan video promosi tersebut. "Dengan adanya video ini, kami yakin bahwa Sendang Mudal akan semakin dikenal oleh masyarakat luas sebagai destinasi wisata yang menarik dan edukatif," tambahnya.

Pembuatan video ini juga mendukung upaya Bumdes Bimasena untuk meningkatkan promosi melalui media sosial. Tim dosen dan Lab AVIS berharap bahwa video ini tidak hanya menarik perhatian wisatawan, tetapi juga membantu meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai keanekaragaman hayati yang ada di Sendang Mudal Sawangan.

Selain itu Departemen Pendidikan Biologi FMIPA UNY berharap video ini dapat menginspirasi dan mendukung upaya konservasi alam di berbagai kalangan. Kerjasama positif dengan Desa Sawangan pun berlanjut, dengan Tim Lab AVIS saat ini sedang menjalankan proyek video profil desa yang bertujuan untuk lebih memperkenalkan dan memasyarakatkan potensi dan keunikan Desa Sawangan.

Label Berita: